Total Tayangan Halaman

Sabtu, 11 Februari 2017

Panduan Ngeblog dan Membuat Blog





Assalamualaikum wr, wb.

Membuat blog adalah suatu yang sangat mengasikan, karena dengan blog kita dapat dan bisa mengekpresikan diri kita di dunia maya, dengan tulisan, dan artikel yang kita buat atau posting.

Membuat blog bukanlah perkara yang sulit, kenapa demikian, karena membuat blog adalah perkara yang sangat mudah, semua orang bisa membuat blog, baik itu pelajar sekolah, orang biasa, mahasiswa, pegawai, dan bahkan orang awam sekalipun bisa membuat blog.

Nah untuk membuat blog alangkah lebih baiknya kalau kita mengenal blog itu terlebih dahulu.

Apa sih blog itu ? Blog adalah aplikasi web yang diakses secara online oleh orang - orang, dan biasanya blog digunakan untuk memposting tulisan, baik tulisan kita sendiri, makalah, cerita, ataupun tulisan orang lain. Selain itu, Blog juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan sesuatu, misalnya untuk mempromosikan Wisata, Daerah, Dagangan, dan masih banyak lagi.

Blog bisa digunakan oleh semua orang dan juga berguna untuk berbagai keperluan seperti digunakan untuk memuat profil suatu desa, sekolah, kantor, comunitas dan sebagainya.

Kenapa kita harus mempunyai dan bisa membuat Blog.

Kenapa kita harus mempunyai blog ?

Karena kita tau bahwa perkembangan teknologi di jaman sekarang ini begitu pesat, dari mulai Komputer, Tablet, dan Smartphone, ditambah lagi sekarang, hampir dari setiap orang melakukan suatu keperluan dengan menggunakan akses internet, dimana mereka lebih sering berkunjung kepada abah GOOGLE untuk melihat dan mencari informasi yang diperlukan.

Nah kenapa kita harus mempunyai blog, ya karena itu tadi, dimana kita dapat mengekpresikan diri kita dan kita bisa membagikan atau membantu orang - orang diluar sana dengan postingan - postingan yang kita buat. Apalagi kalo kita senang menulis dan berbagi pengetahuan, maka bloglah tempat yang tepat untuk itu semua.

"eits jangan takut, kalo apa yang anda posting tidak terbaca oleh orang lain, kenapa ? karena berjuta - juta atau beribu - ribu orang yang akan selalu setia menjadi penggemar pembaca blog, dan yang harus di ingat adalah membuat postingan yang baik dan bermapaat itu adalah kunci kesuksesan menjadi seorang blogger."

Kenapa kita harus bisa membuat blog ?

Ya karena untuk menjadi seorang blogger, anda harus mempunyai blog, dan tentunya anda harus bisa membuat blog itu dengan sendiri, karena dengan membuat memblog itu sendiri, anda dapat berleluasa dalam mendisain dan menentukan blog anda akan seperti apa, ketimbang anda minta untuk dibuatkan blog oleh orang lain, ya memang itu bukanlah masalah, tapi itu kurang sempurna, karena nantinya hasil blog anda tidak real dari hasil jerih payah anda sendiri.



Persiapan Membuat Blog. 

Nah sekarang pasti muncul pertanyaan dalam diri anda, bagaimana sih caranya membuat BLOG ?

Pastinya untuk mendapatkan suatu hal yang baik, maka harus ada perencanaan dan langkah - langkah yang baik pula, nah untuk itu disini saya akan mengajak kepada anda untuk memenuhi perencanaan dan langkah - langkah tersebut, agar hasil dari blog yang anda buat spektakuler dan memuaskan.


1.  Mau seperti apa blog yang saya buat.


Untuk membuat sebuah blog, pertamakali anda harus memikirkan ini dengan matang - matang karena ini yang akan menjadikan blog anda menjadi blog yang sukses atau blog yang biasa saja.
Banyak diluar sana, orang - orang yang membuat blog dengan fungsi yang berbeda - beda, Contohnya :
Ada blog yang khusus untuk membahas ilmu teknologi, ilmu kedokteran, dan ilmu lainnya.
Ada juga yang memuat artikel - artikel ilmu pengethuan, seperti cara belajar mengaji, atau tutorial lainnya.
Ada juga yang menjadikan blog sebagai alat untuk menyampaikan Informasi atau kegiatan - kegiatan yang fungsinya hampir sama seperti Koran sehingga biasa disebut sebagai situs Berita.
Ada Blog yang memuat tulisan - tulisan motivasi, semangat, pengalaman hidup mereka, cerita kesuksesan mereka, dan kisah jerih payah orang - orang yang hebat.
Ada blog yang digunakan untuk memuat referensi - referensi, seperti memuat makalah, memuat sebagian tulisan, dll.

Sekarang pikirkanlah blog yang akan anda buat, mau seperti apa ?

 2.  Untuk apa kegunaan nya ?

Nah ini hampir sama dengan langkah diatas, dimana kita memikirkan blog yang akan kita buat berpungsi sebagai sarana apa, apakah hanya untuk pribadi, untuk perusahaan, untuk organisasi atau sebagainya ?.


3.  Apa yang akan di posting ?

Pastikan setelah anda merenungkan langkah diatas, anda sekarang bersiap - siap, untuk memilih atau menulis apa yang akan anda posting nantinya di blog anda, disinilah tahapan penilaian orang - orang terhadap suatu blog dilakukan.


Membuat Blog.

Baiklah jika 3 langkah diatas telah di renungkan maka sekarang kita langsung kedalam pembuatan blog.

Apakah anda sudah siap ?

Baiklah jika anda sudah siap, Maka kita langsung kedalam tahap pembuatan.

Yang terlebih dahulu anda butuhkan adalah akun GMAIL, kenapa demikian, karena nanti inilah yang akan anda gunakan sebagai user login dan logout blogger tersebut. 
nah untuk itu jika anda belum mepunyai alamat gmail maka anda harus membuatnya terlbih dahulu, tetapi jika anda sudah punya, maka anda bisa langsung membuat blogger dengan meloncat langsung ke halaman Pembuatan Blog, dan untuk kawan - kawan yang belum mempunyai alamat gmail ayo sekarang kita bikin sama - sama. 

Klik gambar d atas untuk menuju halaman Pembuatan Blog.

Klik gambar diatas untuk menuju halaman pembuatan GMAIL.

Silahkan Menuju halaman selanjutnya untuk membuat Gmail dan Blogger.




Tidak ada komentar:
Write komentar